Tutorial Mengatasi Installasi OS Windows 8 (Solusi Laptop Acer V5-431 Tidak Bisa Di Install Windows 8)

ketika kita akan melakukan install ulang pada laptop laptop terntentu,blue csreen dengan kata kata “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL”. Hal tersebut terjadi karena beberapa driver ( AHCI dan WLAN ) defaulf dari windows 8 tidak cocok dengan sistem operasi windows 8 sudah lengkap dengan drivernamundi beberapa type laptop seperti ACER ASPIRE  V5-431 driver tersebut tidak sesuai sehingga yang ada malah menimbulkan masalah baru, kejadian ini sering ditimbulkan dengan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” seperti contoh pada gambar di bawah.



problem tersebut ialah dengan melakukan penggantian driver default windows 8 dengan driver dari pihak produsen itu sendiri. Nah disini penulis akan coba share dengan cara upgrade berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan :
  1. Pertama anda harus upgrade dari windows 7, dengan cara melakukan penginstalan memalui windows 7 menggunakan software “Acer Upgrade Assistant” yang software tersebut bisa anda download di SINI, selanjutnya jalankan program tersebut dan ikuti step by step. Cara kerja program ini ialah mendeteksi driver yang tidak cocok, dan jika ingin melakukan penginstalan pada windows 8 maka driver harus di perbaharui (UPDATE). Selanjutnya pada saat anda melakukan instalasi windows 8 maka anda pilih “keep windows setting, personal files, dan apps” selanjutnya ikuti step by step.

    Penting ** koneksi internet yang cepat sangat dibutuhkan dalam melakukan pembenahan pada laptop acer ini jika anda ingin melakukan install windows 8.
  2. Cara yang ke II ini sedikit agak ribet. Dengan memanfaatkan answer file (autounattend.xml) yang digunakan untuk melakukan penginstalan driver terbaru yang akan mengganti posisi driver bawaan windows 8 yang mengalami problem pada laptop ini. Jadi saat anda melakukan instalasi SISTEM OPERASI, driver terbarulah yang akan di install bukan driver default dari windows 8 itu sendiri yang menimbulkan blank “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” berikut langkah-langkah tersebut :
  • Silahkan exstrak windows 8 ISO ke flashdisk menggunakan software Windows 7 Usb DVD Tool atau anda juga bisa gunakan Win8Usb.
  • Selanjutnya silahkan download driver AHCI dan driver WLAN di situs resmi ACER hal Ini SIlahkan Sesuaikan dengan versi laptop anda
  • kemudian anda buat file dengan nama “autounattend.xml” di dalam flashdik anda kemudian open / buka menggunakan notepad dan isikan text seperti pada gambar berikut :
 Untuk Scriptnya bisa anda download di Sini
  • Pada baris ke 4 dan yang bertanda kotak merah silahkan sesuaikan , bila anda install versi 64bit maka silahkan sesuaikan “x86” dengan “amd64”
  • selanjutnya buat 1 folder dengan nama “drivers” di flashdisk kemudian exstrak driver yang sudah anda download namun sebelumnya silahkan copy dan paste file yang memiliki exstensi /.cab/.inf/.sys kedalam folder “drivers” pada flasdisk anda.
  • Nah kemudian silahkan anda coba install ulang lagi menggunakan cara ini.
  • Terakhir siapkan 1 cangkir kopi dan 1 bungkus rokok  dan doa.

ACER V5-431 sudah bisa di install windows 8 mudah mudahan bermanfaat.

Popular posts from this blog

Tutorial Burning Data Ke CD/DVD Dengan NERO

Tutorial Installasi Resident Evil 5

Download CoolSense (Software Pendingin Notebook/Laptop)