Ram yang usable pada windows (64bit [x64] atau 32 bit [x86])


Apa kabarnya Sobat Ensyclopedia mudah-Mudahan KEadaannya Pada Baik semua ya baik kali ini saya akan posting tentang RAM yang usable.

Hampir Di Seluruh FOrum dan Grup Tekhnologi atau sharing Informasi Banyak yang bertanya :

1.Kenapa RAM saya 4 GB usable 2.4Gb ada yang 2Gb usable 1.6

Sesungguhnya Banyak Fakta yang ada disini pertama OS (Sistem Operasi) apa OS yang anda gunakan apakah 32 bit apa 64 bit.

Untuk Cara Melihat APakah Os Anda 32 Bit/64Bit Caranya Tekan  Home (ICON Windows Di Keyboard) + PauseBreak

 Atau dengan Cara Tekan Home (ICON Windows Di Keyboard) +R (Run) ATau bisa dengan Cara Klik Start=>ALL Program=>Accesories=>Run dan Double Klik Sudah Muncul Ketik " DxDiag" (Tanpa tnda ( " )
Bisa Dilihat Jenis Sistem Operasinya dan RAM yang Terpasang Gambar diatas Adal OS 64 bit WIn 7 Ultimate Yang saya Gunakan Namun Bila di OS 32Bit Akan Muncul RAM USable jadi Masih banyak yang bingung Ada yang sudah Pakai 64Bit tapi ramnya tetap USable Untuk permasalahan Ini bisa dilihat Apakah Agan menggunakan VGA Outboard Atau Onboard?? Jika Outboard Pasti RAM 2/4Gb akan terbaca FUll DI OSX64 namun bila Os X64 masih usable Berarti VGA Onboard Ya otomatis bkalan menggunakan memori dari RAM, sehingga memori RAM  jadi berkurang karena sudah diambil/digunakan oleh vga.

"cara mengatasinya,  harus pake vga card macam nvidia atau ati."

karena keterbatasan dalam system konfigurasi windows 7, memory 4 GB tidak akan bisa digunakan secara maksimal, apalagi pada komputer2 dengan VGA onboard seperti Laptop.
Misalnya seperti MacBook Pro yang diinstall Windows 7 32-bit melalui Bootcamp,

Ada bbrp hal yang bisa anda coba:
1. Coba ubah setelan memory pada BIOS, karena anda tidak menyebutkan merk dari Laptopnya, jadi saya tidak bisa bantu banyak disini.
2. Jika anda menggunakan Windows 7:
- Klik Start
- Ketik "msconfig" (tanpa kutip ") pada kolom search. Klik applikasinya.
- Dari window yang terbuka, pilih tab Boot, dan klik Advanced Options.
- Hilangkan 'centang' pada Maximum Memory, lalu restart.

Bila Agan Sudah Pakai VGA OutBoard Tetapi MEmori Tetap Usable mungkin ada sistem yang meerlukan Space RAM Untuk Virtual.

Menjelaskan Memory-mapping (pemeta-an memori) bukan hal yang mudah karena menyangkut banyak hal yang teramat teknis tentangpengalamatan-memori (memory addressing).
Berikut akan saya coba menjelaskan dengan singkat & sederhana, semoga bisa menjelaskan "misteri Usable RAM" ini  :)

Virtual Address Space
Agar memori (RAM) bisa digunakan oleh sistem operasi (Windows), maka RAM tsb.haruslah diberi "alamat" atau Address. Dengan adanya alamat untuk setiap ruang memori, maka RAM bisa berfungsi sebagai Ruang Transportasi Data (I/O Space). Tanpa adanya address ini, jelas bahwa ruang dalam RAM tidak akan bisa ditemukan dan digunakan oleh sistem operasi (Windows).

Berapa banyak ruang tersedia untuk Address ini ?

    Pada Windows 32bit tersedia sebanyak 2^32 bit (2 pangkat 32) = 4 milyar bit lebih (4GB).
    Pada Windows 64bit tersedia sebanyak 2^64 bit , silahkan hitung sendiri  :)


Gambar-1 dibawah ini saya buat sendiri dengan harapan bisa mempersingkat (dan mengurangi) penjelasan tentang Mapping RAM yang seharusnya bersifat sangat teknis (yang tentu malah bikin tambah "gak ngerti").   klik gambar untuk tampilan lebih besar.

Diagram Address Space
Diagram atas : kotak Abu-abu + kotak Hijau adalah Address Space pada Windows 32bit.

    Besar kapasitasnya adalah = 4GB. Dan ini tidak bisa diubah dengan cara apapun.
    Kotak Abu-abu adalah bagian dari Address Space yang digunakan untuk Hardware Addresses (alamat hardware). Sistem selalu mendahulukan hal ini dibanding kepentingan Windows. Windows tidak bisa mencegah penggunaaan (alokasi) hal ini.
    Ukuran kotak Abu-abu tergantung jumlah hardware yang terintegrasi dalam sistem.
    Kotak Hijau dibelakangnya adalah "sisa" Address Space (4GB dikurangi Abu-abu) yang bisa digunakan untuk Address RAM. Tentu saja ruang address ini sudah kurang dari 4GB.

Diagram tengah : kotak Hijau adalah simbol modul RAM (4GB) yang terpasang.

    Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) tidak bisa ditampung oleh kotak Hijau Atas.
    Ada bagian yang harus ditampung dalam kotak Orange, padahal kotak Orange sebenarnya "tidak ada".
    Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 32bit, RAM 4GB akan dialamati sebanyak 4GB dikurangi kebutuhan Hardware-address."
    Sebagai contoh : jika Address hardware butuh 750MB, maka RAM (4GB) yang kebagian alamat adalah 4GB - 750MB = 3,25GB.
    Angka 3.25GB inilah yang disebut Usable RAM.
    Sedang sisanya yang 750MB "masuk" ke kotak Orange alias tidak kebagian Alamat (address). Karena tidak punya alamat, ya gak bisa ditemukan; dan karena gak bisa ditemukan ya gak bisa dimanfaatkan   :)

Diagram bawah : kotak Abu-abu + Hijau + Kuning adalah Address Space pd Windows 64bit.

    Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding versi 32bit (diagram atas).
    Kotak Abu-abu adalah Hardware Addresses Space, sama halnya seperti diagram paling atas.
    Kotak Hijau dibelakangnya adalah Address Space untuk RAM 4GB. Jika ditarik garis lurus keatas, tampak bahwa kotak Hijau ditengah (RAM 4GB) seluruhnya bisa ditampung oleh kotak Hijau Bawah, bahkan masih ada sisa Addres Space yang besar yaitu kotak Kuning.
    Dalam bahasa sistem, dikatakan : "Pada versi 64bit, seluruh kapasitas RAM 4GB akan mendapatkan Address (memiliki alamat)." Sehingga seluruhnya bisa dimanfaatkan.
    Kotak Kuning adalah "sisa" Address Space yang bisa digunakan untuk menampung alamat untuk RAM baru yang mungkin akan ditambahkan. Ruang address ini masih sangat besar. Secara teritis bisa ditambahkan RAM berapapun, tetapi pada prakteknya dibatasioleh edisi Windows yang digunakan. Edisi Windows Starter (Edition) akan berbeda dengan Windows Ultimate Edition.

Bila Semua Cara diatas BElum Juga Terselesaikan Coba Upgrade Bios Anda Mungkin Itu Solusi Terakhir,,,,,,,,,,,,,,

Semoga Bermanfaat Bantu Share Dan Like Fanspagenya ya Bantu saya menambah Like Fanspage FBnya mari Kita Saling Bantu,,,,,,,,,,,,,

Popular posts from this blog

Tutorial Burning Data Ke CD/DVD Dengan NERO

Tutorial Installasi Resident Evil 5

Download CoolSense (Software Pendingin Notebook/Laptop)