Thursday, 16 May 2013

Tutorial Menghapus Linux Dual Boot Dengan Windows

Pasti diantara kalian ada yang memeiliki OS (Operation Sistem) DualBoot Antara Linux dan Windows Namun di saat kalian sudah bosan dan ingin menganti menjadi 1 boot windows saja /kalian ingin menghapus OS linux kalian  pasti kalian merasa bingung apalagi untruk pemula yang belajar installasi dualboot/hanya mencoba-coba saja untuk menghapusnya yaitu ikuti cara di bawah :

Pada situasi seperti ini yang kita butuhkan hanyalah DVD instalasi windows 7 (saya belum mencoba keberhasilan jika menggunakan Command Prompt dari windows). Saya harapkan baca hingga selesai terlebih dahulu jika ingin mempraktekkan cara ini.
  1. Booting komputer dari CD/DVD.
  2. Pada menu Repair masuk ke pilihan Command Prompt.
  3. Untuk menghapus pilihan OS pada saat booting, ketikkan bootsect /nt60 C:
  4. Dan untuk mengembalikan booting primary pada windows 7, ketikkan bootrec /fixmbr
  5. Kemudian restart komputer.
Dengan perintah tersebut booting hanya akan berlaku untuk windows 7 saja. Jadi tidak perlu memilih OS, karena komputer akan langsung memproses windows 7. Lalu bagaimana dengan linuxnya?
Booting untuk Ubuntu telah hilang, namun sistem dan file-filenya masih ada. Untuk menghapusnya kita dapat menggunakan Disk Management yang ada pada windows 7. Pada Windows Explorer, drive yang kita gunakan untuk Ubuntu memang tidak terlihat, tetapi pada Disk Management seluruh drive yang ada akan muncul.
  1. Start, kemudian klik kanan pada Computer dan klik Manage. (login dahulu sebagai administrator)
  2. Untuk menghapus seluruh data Ubuntu, pada menu Disk Management klik kanan pada drive tempat Ubuntu diletakkan dan pilih Delete Volume
  3. Drive yang kita delete tersebut belum bisa kita gunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, klik kanan pada drive tersebut dan klik New Simple Volume
  4. Klik Next, dan tetapkan kapasitas yang akan digunakan, jika ingin menggunkan seluruh kapasitas drive langsung klik Next
  5. Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
  6. Pada Volume label tuliskan nama untuk drive tersebut, kemudian Next dan Finish.
Seluruh langkah yang saya gunakan tersebut telah sukses mengembalikan komputer saya seperti yang diharapkan. Ada beberapa catatan bagi yang menggunakan loader untukpengaktifan windows 7 menjadi genuine. Loader tersebut akan hilang, mungkin itu dikarenakan perintah saat kita menghapus linux booting tadi. Jadi saya menyarankan untuk mempersiapkan loader terlebih dahulu.

Saya berterima Kasih Bila Kalian Bisa Menshare dan memberikan komentar pada artikel saya............