Tutorial Memperbaiki Keyboard Laptop Dan Notebook

Keyboard Laptop,Mempunyai Bentuk Yang Agak Sedikit berbeda dari Keyboard-Keyboard Komputer Namun -Pernahkan Anda mengalami tombol/tooth keyboard pada laptop Anda macet atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya? Jika pernah atau bahkan sekarang Anda sedang mengalaminya, mungkin Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop berikut bisa mengatasi permasalahan keyboard Anda.

 Tidak berfungsinya keyboard laptop dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya dalah terkena air, debu, maupun keyboard yang sering berada pada ruangan dengan suhu yang lembab.

Namun demikian ada beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi, dalam hal ini perbaikannya dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ketukang service apabila kerusakannya bukan diakibatkan oleh software atau memang kerusakan keyboard itu sendiri memang cenderung sudah sangat parah.

mempelajari bagaimana cara melepas dan memasang keyboard pada laptop terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar Anda tidak merusak komponen atau bagian-bagian dari keyboard dan laptopJika Anda sudah benar-benar yakin bisa melepas dan memasang keyboard pada laptop Anda, berikut cara memperbaiki kerusakan pada keyboard notebook/laptop :

    Pertama, Laptop atau notebook yang sering kita gunakan itu menimbulkan panas, udah tau kan sob? Nah, panas dari laptop tersebut akan mengikat/menarik debu dan kotoran menempel pada bagian-bagian laptop termasuk keyboard.Maka dari itu terkadang debu-debu tersebut masuk ke celah-celah tooth atau tombol keyboard, sehingga menghalangi tooth menyentuh papan elektronik keyboard saat kita menekan salah satu tombol.

    Kedua, Hal yang sangat mempengaruhi kerusakan tombol keyboard adalah dari pengguna atau pemakai laptop itu sendiri. Ada hal-hal yang tidak sengaja yang Anda lakukan, seperti terlalu keras menekan tooth keyboard, sehingga menyebabkan tooth selalu menempel pada papan elektronik keyboard yang berpengaruh pada, bunyi beep yang sangat panjang saat laptop pertama kali di hidupkan. Efek lain dari tooth keyboard yang lengket atau menempel adalah huruf, angka atau simbol akan muncul terus-menurus seperti kita menekan tombol keyboard dalam waktu yang lama, saat mengetik di microsoft word dll.

    Ketiga, Rambut dan benda-benda kecil lainnya. Ini mungkin hal yang paling tidak kita sadari yang menyebabkan kerusakan laptop, akan tetapi masalah ini yang paling sering saya temukan sebagai teknisi laptop dan komputer selama ini. Sama persis dengan poin pertama tadi, rambut dan benda-benda kecil lainnya sangat mempengaruhi kerusakan pada tombol keyboard laptop.

    Lepas semua tombol keyboard dengan cara mengcongkel perlahan menggunakan jari tangan. Ingat gunakan jari tangan sob, jangan menggunakan obeng dan semacamnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak merusak pengait tombol keyboardnya. Setelah seluruh tombol terlepas bersihkan perlahan papan keyboard dengan kuas lembut, perhatikan karet tombol keyboardnya jangan ada yang hilang atau lepas. Jika terlanjut lepas pasang kembali pelan-pelan dengan tombolnya. Jangan menggunakan lem atau perekat apapun untuk menempelkan karet tombol keyboard, biarkan saja tanpa lem atau tidak merekat. Dan satu hal yang perlu di ingat juga, susunlah tombol-tombol keyboard sesuai urutannya ketika Anda melepasnya, hal ini bertujuan agar Anda tidak salah memasang tombol keyboard ketika selesai membersihkannya.

Dalam memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi secara baik, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya.

1. Mendiagnosis masalah
Ketika Anda menekan tombol pada keyboard laptop Anda, maka pastikan hal apakah yang membuat keyboard laptop tidak bergerak, apakah hal itu hanya diakibatkan oleh keyboard yang macet? Atau apakah laptop sebenarnya menanggapi masukan yang Anda lakukan melalui keyboard? Dalam hal ini maka pastikan Anda menekan semua tombol yang ada pada laptop Anda. Pastikan bahwa dari penekanan beberapa tombol, akan ada respon dari laptop terhadap salah satu tombol keyboard yang Anda tekan tersebut. Jika semua tombol kunci tidak terpengaruh, maka kemungkinan yang terjadi adalah ada kerusakan pada perangkat lunak didalam laptop Anda.

2. Bersihkan tombol yang tidak bekerja
Bila kerusakan keyboard hanya terjadi pada bagian tombol tertentu, maka ambil sebuah kain serat yang sedikit dibasahkan, dan cobalah membersihkan pada permukaan tombol yang rusak tersebut. Anda juga dapat membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal, seperti debu dan lain sebagainya, namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati melakukannya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada tombol keyboard yang hendak Anda perbaiki.

3. Lepaskan tombol yang tidak bekerja
Melakukan hal ini dapat dilakukan dengan bantuan gunting kuku dan menarik keluar tombol yang mengalami kerusakan. Gunakan hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci memang benar-benar telah tertarik keluar. Angkatlah engsel plastik yang terlipat dibawah bagian tombol yang rusak tersebut, dan lakukan pembersihan secara hati-hati.

4. Bersihkan sensor keyboard dengan kain kering
Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris, merupakan komponen atau kunci yang telah terhapus. Berhati-hatilah membersihkannya, sebab perangkat ini sangat peka, dan telah rusak, maka akan membutuhkan harga yang sangat mahal untuk membeli perangkat yang baru. Lakukanlah pembersihan dengan cara lembut dengan kain serat yang kering untuk menghilangkan debu atau remah atau juga partikel yang mengganggu keyboard berfungsi dengan baik. Jangan membersihkan dengan kain basah, sebab hal ini akan mempertinggi resiko kerusakan keyboard.

5. Pasang kembali tombol secara benar
Pasang kembali tombol yang sudah Anda bersihkan sesuai dengan tempat seperti Anda membukanya sebelumnya. Tutup bagian tombol secara tepat dan tidak berubah dari posisi yang semula, ketika Anda membukanya.

6. Uji Keyboard Anda
Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji bagian keyboard yang baru saja Anda bersihkan. Bila dalam pengujian tombol juga belum bekerja, maka coba restart komputer Anda, atau mengaktifkan system restore dan hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah bukan terjadi pada perangkat lunak.

Bila langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, tetapi belum ada hasil yang memuaskan, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah konsultasi lebih lanjut tentang permasalah keyboard laptop yang Anda alami kepada tukang service komputer yang terdekat dengan Anda.

Untuk Ke tukang Service Biasanya Langsung Di ganti Karena Keyboard Laptop susah Untuk Di Perbaiki Karena Dunia IT mencari Kepuasan bukan Keuntungan jadi Dimana dan siapapun itu tukang service pasti bakal Bilang untuk mengganti keyboard baru Hehe Pengalaman =D

Itulah Sedikit Posting yang semoga bermanfaat Bagi Kalian Para Pembacanya..............Terima Kasih

Popular posts from this blog

Download CoolSense (Software Pendingin Notebook/Laptop)

Tutorial Burning Data Ke CD/DVD Dengan NERO

Tutorial Installasi Resident Evil 5