Pengertian wireless adapter dan jenis-jenisnya

Wireless Adapter Notebook/laptop
wireless adapter

Wireless adapter adalah yang di pakai oleh komputer client untuk menerima dan mentrasmisikan sinyal.Wireless adapter mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan sebuah access ponit,tetapi lebih sederhana.Apabila dalam sebuah access point terdapat memory maupun processor,maka pada wireless adapter penggunaanya tidak sekompleks access point.Perangkat ini adalah perangkat standard yang di gunakan untuk access ponit.Berdasarkan penggunaanya,secara umum wireless adapter di bedakan menjadi dua macam,yaitu:

Wireless Adapter untuk PC

    Wireless adapter untuk PC pada umumnya menggunakan slot PCI.Selain wireless adapter slot PCI,untuk komputer desktop bisa kita pasang dengan menggunakan card PCMCIA.Namun demikian,untuk memasangnya di perlukan lagi satu holder untuk card tersebut,sehingga akan membutuhkan lebih banyak biaya dalam operasionalnya.
Wireless Adapter untuk Netebook,PDA,dan lainya

    Berbeda dengan wireless adapter pada komputer desktop,

wireless adapter pada netebook berupa sebuah card yang bisa disebut dengan Personal Computer Memory Card International Association(PCMCIA).Sebenarnya card PCMCIA tidak hanya di gunakan pada netebook saja,tetapi juga bisa di gunakan pada komputer desktop,tetapi untuk itu di perlukan hardware baru yang diberi nama holder.Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar wireless adapter.
Wirelss adapter USB

wireless adapterWireless USB adalah jarak pendek, tinggi-bandwidth nirkabel radio komunikasi protokol dibuat oleh Promoter Group USB Wireless. Wireless USB kadang-kadang disingkat sebagai "WUSB mampu", meskipun USB Implementers Forum menghambat praktek ini dan sebagai gantinya lebih suka menyebutnya teknologi "Certified Wireless USB" untuk membedakannya dari standar UWB bersaing. Wireless USB didasarkan pada (sekarang mati) Ultra-wideband platform yang WiMedia Aliansi (UWB) radio umum, yang mampu mengirimkan 480 Mbit / s pada jarak hingga 3 meter (9,8 kaki) dan 110 Mbit / s sampai dengan 10 meter (33 kaki). Hal ini dirancang untuk beroperasi di rentang frekuensi 3,1-10,6 GHz, meskipun kebijakan peraturan lokal dapat membatasi rentang operasi hukum untuk setiap negara tertentu.Menggunakan
Wireless USB digunakan dalam pengendali permainan, printer, scanner, kamera digital, portable media player, hard disk drive dan flash drive. Kensington merilis Wireless USB yang universal docking station pada bulan Agustus, 2008. Hal ini juga cocok untuk mentransfer video stream paralel, sambil memanfaatkan USB Wireless atas Ultra-wideband bandwidth.Wireless USB vs 60 GHz
Beberapa masalah membedakan USB Wireless dari penggunaan pita 60 GHz seperti yang dipromosikan oleh Aliansi Gigabit Wireless:

    Line of Sight: pada 60 GHz, radio komunikasi diblokir oleh setiap objek intervensi, yang menyiratkan perlunya garis terbuka dari pandangan. Wireless USB didasarkan pada platform Ultra-wideband (UWB), yang beroperasi di rentang frekuensi 3,1-10,6 GHz, dan dengan demikian dapat melewati intervensi tubuh.
    Mobilitas: teknologi 60 GHz menarik bagi pasar video nirkabel karena seharusnya untuk memberikan multi-gigabit kecepatan komunikasi nirkabel Dalam rangka mendukung tuntutan berat seperti, lapisan MAC mendasari harus mampu memproses jumlah besar. data. Untuk persyaratan ini, 60 GHz berbasis solusi akan memerlukan konsumsi daya yang lebih tinggi, dan chip yang lebih besar, yang kurang cocok untuk unit ponsel atau perangkat.
Pengembangan
Grup USB Promoter Wireless dibentuk pada Februari 2004 untuk menentukan protokol USB Wireless. Kelompok ini terdiri dari Agere Systems (sekarang bergabung dengan LSI Corporation), Hewlett-Packard, Intel, Microsoft, NEC Corporation, Philips dan Samsung.
Pada bulan Mei 2005, Grup USB Promoter Wireless mengumumkan penyelesaian spesifikasi USB Wireless.
Pada bulan Juni 2006, lima perusahaan menunjukkan demonstrasi multi-vendor interoperabilitas pertama Wireless USB. Sebuah laptop dengan host adapter Intel menggunakan PHY Alereon digunakan untuk mentransfer video definisi tinggi dari solusi semikonduktor nirkabel Philips dengan PHY Realtek, semua Microsoft menggunakan Windows XP driver dikembangkan untuk Wireless USB.
Pada bulan Oktober 2006, US Federal Communications Commission (FCC) menyetujui Host Kawat Adapter lengkap pertama (HWA) dan Perangkat Adapter Kawat (DWA) nirkabel USB solusi dari Komunikasi WiQuest untuk digunakan baik outdoor dan indoor. Produk ritel pertama dikirimkan oleh IOGEAR menggunakan Alereon, Intel dan NEC silikon pada pertengahan 2007. Sekitar waktu yang sama, Belkin, Dell, Lenovo dan D-Link mulai pengiriman produk yang dimasukkan teknologi WiQuest. Produk-produk ini meliputi kartu tertanam dalam PC notebook atau Hub / Adapter solusi bagi PC yang saat ini tidak termasuk Wireless USB. Pada tahun 2008, sebuah Wireless USB Docking Station baru dari Kensington dibuat tersedia melalui Dell. Produk ini adalah unik karena merupakan produk pertama di pasar untuk mendukung video dan grafis melalui koneksi USB, dengan menggunakan USB DisplayLink teknologi grafis. Docking Station Kensington memungkinkan konektivitas nirkabel antara PC notebook dan monitor eksternal, speaker, dan ada kabel USB peripheral. Imation mengumumkan Q408 ketersediaan HDD eksternal Wireless baru. Kedua produk ini didasarkan pada teknologi WiQuest.
Pada tanggal 16 Maret 2009, Aliansi WiMedia mengumumkan sedang memasuki perjanjian transfer teknologi untuk Ultra-wideband WiMedia (UWB) spesifikasi. WiMedia akan mentransfer semua spesifikasi saat ini dan masa depan, termasuk bekerja pada kecepatan tinggi masa depan dan implementasi daya dioptimalkan, dengan Bluetooth Special Interest Group (SIG), Wireless USB Promoter Grup dan USB Implementers Forum. Setelah berhasil menyelesaikan transfer teknologi, pemasaran dan administrasi item terkait, Aliansi WiMedia akan berhenti operasi. [2] [3] [4] Pada bulan Oktober 2009, Interest Group Bluetooth Special telah menurun pengembangan UWB sebagai bagian dari alternatif MAC / PHY, Bluetooth 3.0/High solusi Kecepatan. Sejumlah kecil, tetapi signifikan, anggota WiMedia mantan tidak dan tidak akan mendaftar untuk perjanjian yang diperlukan untuk transfer kekayaan intelektual. Kelompok Bluetooth kini mengalihkan perhatian dari UWB sampai 60 GHz.
Pada tanggal 29 September 2010, versi 1.1 dari Spesifikasi USB Wireless diumumkan [8] Ini memberikan beberapa mundur-kompatibel perbaikan:. UWB dukungan band atas untuk frekuensi 6 GHz dan di atas, manajemen daya lebih baik dan konsumsi, dan dukungan untuk NFC dan kedekatan berbasis asosiasi.Kompatibilitas pilihan untuk hardware lama
Arsitektur WUSB mampu memungkinkan hingga 127 perangkat untuk terhubung langsung ke sebuah host. Karena tidak ada kabel atau port, tidak ada lagi kebutuhan untuk hub.
Namun, untuk memfasilitasi migrasi dari kabel ke nirkabel, WUSB mampu memperkenalkan Kawat Adapter Perangkat baru (DWA) kelas. Kadang-kadang disebut sebagai "hub WUSB mampu", yang memungkinkan DWA ada USB 2.0 perangkat yang akan digunakan secara nirkabel dengan host WUSB mampu.
WUSB mampu kemampuan host dapat ditambahkan ke PC yang ada melalui penggunaan Adapter Kawat Host (HWA). The HWA adalah USB 2.0 perangkat eksternal yang melekat ke desktop atau laptop port USB atau internal untuk antarmuka MiniCard sebuah laptop.
WUSB mampu juga mendukung dual-peran perangkat (DRDs), yang selain menjadi perangkat WUSB mampu, dapat berfungsi sebagai tuan rumah dengan kemampuan yang terbatas. Misalnya, kamera digital dapat bertindak sebagai perangkat ketika terhubung ke komputer dan sebagai tuan rumah ketika mentransfer gambar langsung ke printer.Kaitannya dengan ultra-wideband (UWB)
Sebuah sumber umum dari kebingungan adalah tentang hubungan antara WUSB mampu, WiMedia, dan UWB. Teknologi UWB dan WUSB mampu tidak sama, dan istilah WUSB mampu dan UWB tidak identik.
UWB adalah istilah umum untuk jenis baru komunikasi radio menggunakan pulsa energi yang menyebarkan energi Frekuensi Radio dipancarkan lebih dari 500 MHz + spektrum atau melebihi bandwidth yang pecahan 20% dalam rentang frekuensi 3,1 GHz menjadi 10,6 GHz seperti yang didefinisikan oleh putusan FCC mengeluarkan untuk UWB pada Februari 2002. UWB tidak spesifik untuk WiMedia atau perusahaan lain atau kelompok dan sebenarnya ada sejumlah kelompok dan perusahaan mengembangkan teknologi UWB sekali tidak terkait dengan WiMedia. Beberapa perusahaan Penggunaan UWB untuk radar penetrasi tanah, melalui radar dinding dan lain perusahaan Pulse-LINK menggunakannya sebagai bagian dari jaringan hiburan rumah secara keseluruhan menggunakan UWB untuk pengiriman melalui kedua media kabel dan nirkabel. WUSB mampu adalah protokol yang diumumkan oleh USB-IF yang menggunakan WiMedia platform radio UWB. Protokol lain yang telah mengumumkan niat mereka untuk menggunakan WiMedia platform radio UWB termasuk Bluetooth dan Tautan Protocol WiMedia Kontrol Logical.Perbandingan sistem digital RFWireless USB vs 802.11a/b/g & Bluetooth Spesifikasi Wireless USB Specification Rev 1.1 Bluetooth 4.0 (yang diusulkan) Wi-Fi (IEEE 802.11n) Wi-Fi (IEEE 802.11ac) Bluetooth 2.1 + EDRPita frekuensi 3.1 GHz-10,6 GHz 2,4 GHz 2,4 GHz dan / atau 5 GHz 5 GHz 2,4 GHzBandwidth 53-480 Mbit / s 53-480 Mbit / s Max. 450 Mbit / s per Band Max. 6.93 Gbit / s per Band Max. 3 Mbit / sJarak 3-10 m jarak diketahui 100 m 1-100 m diketahui tergantung pada outputModulasi MB-OFDM MB-OFDM DSSS, DBPSK, DQPSK, CCK, OFDM OFDM GFSKStandardisasi September 2010 Juni 2010 September 2009 pre-standar Juli 2007
Bentuk lain dari USB pada wireless ada, seperti yang didasarkan pada teknologi UWB bersaing urutan langsung oleh kabel-Free USB . Hal yang sama juga berlaku untuk radio sistem lain kawat frekuensi penggantian berbasis yang dapat membawa USB. Hasilnya adalah bahwa nama Certified Wireless USB diadopsi untuk memungkinkan konsumen untuk mengidentifikasi produk akan patuh terhadap standar dan akan mendukung protokol yang benar dan kecepatan data.

-Mode Jaringan WLAN Wireless    Local Area Network sebenarnya hampir sama dengan jaringan LAN,

akan tetapi setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan
dengan jaringan. node pada WLAN menggunakan channel frekuensi yang sama dan
SSID yang menunjukkan identitas dari wireless device.
Tidak seperti jaringan kabel, jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat
digunakan : infastruktur dan Ad-Hoc. Konfigurasi infrastruktur adalah komunikasi
antar masing-masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN.
Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing
komputer dengan menggunakan piranti wireless. Penggunaan kedua mode ini
tergantung dari kebutuhan untuk berbagi data atau kebutuhan yang lain dengan jaringan
berkabel.

A. Mode Ad-Hoc
Ad-Hoc merupakan mode jaringan WLAN yang sangat sederhana, karena pada ad-hoc
ini tidak memerlukan access point untuk host dapat saling berinteraksi. Setiap host
cukup memiliki transmitter dan reciever wireless untuk berkomunikasi secara langsung
satu sama lain. Kekurangan dari mode ini adalah
komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan
kabel. Selain itu, daerah jangkauan pada mode ini terbatas pada jarak antara kedua
komputer tersebut.

B.Mode Infrastruktur
Jika komputer pada jaringan wireless ingin mengakses jaringan kabel atau
berbagi printer misalnya, maka jaringan wireless tersebut harus menggunakan
mode infrastruktur Pada mode infrastruktur access point berfungsi untuk melayani komunikasi
utama pada jaringan wireless. Access point mentransmisikan data pada PC dengan
jangkauan tertentu pada suatu daerah. Penambahan dan pengaturan letak access
point dapat memperluas jangkauan dari WLAN.

Popular posts from this blog

Tutorial Burning Data Ke CD/DVD Dengan NERO

Download CoolSense (Software Pendingin Notebook/Laptop)

Tutorial Installasi Resident Evil 5